Ritelteam Institute

Apa itu Ritelteam Institute?

Apa itu Ritelteam Institute

Ritelteam Institute adalah yayasan yang didirkan oleh Komunitas Ritelteam Indonesia dan komunitas digital Marketing  serta pendamping UMKM di Yogyakarta.

Apakah tujuan dari Ritelteam Institute?

Tujuan Ritelteam Institute adalah sebagai berikut :
1. Memberdayakan masyarakat UMKM Yogyakarta khususnya dan Indonesia Umumnya
2. Memberdayakan Ekonomi Pesantren baik Pengelola, santri dan masyarakat sekitarnya lewat Usaha produktif berbasis ritel.

3. Memberikan Edukasi kepada  masyarakat tentang manfaat dan keuntungan menjadi wirausaha
4. Memberikan edukasi kepada calon wirausaha pada aspek manajemen dan teknologi
5. Memberikan perhatian terhadap social kemasyarakatan dan budaya masyarakat
6. Menumbuhkan kesadaran bekerja kolaborasi dan kerjasama.

Pelatihan apa saja yang diberikan?

Pelatihan yang diadakan sebagai berikut :

1.  Pelatihan Manajemen Ritel Koperasi Pesantren

Pesantren sebagai basis pendidikan agama juga menyimpan salah satu potensi ekonomi keummatan. Pemberdayaan Ekonomi Pesantren bisa langsung menyentuh koperasi Pesantren. Koperasi Pesantren bisa diarahkan untuk membuat unit usaha ritel yang nantinya bisa memberdayakan pengelola, santri dan masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar harus merasakan dampak secara ekonomi atas keberadaan unit usaha lkoperasi pesantren.

2. Pelatihan SEO Marketing

Pelatihan SEO Marketing sangat penting bagi pelaku UMKM karena halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar

3.  Pelatihan Manajemen Usaha UMKM

Manfaat Pelatihan ini ialah meningkatkan ketrampilan dalam proses produks maupun manajerial. Produktivitas dapat meningkat apabila ketrampilan dalam proses produksi juga meningkat. Selain itu, pelatihan manajerial dapat meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah sehingga hal-hal yang mengganggu dalam produktivitas dapat segera diatasi.
4.  Pelatihan Manajemen Ritel UMKM

Dalam industri modern, retail merupakan kegiatan pemasaran yang dirancang untuk memberikan kepuasan kepada konsumen akhir guna mempertahankan konsumen tersebut melalui program yang berkualitas dan berkesinambungan. Pergeseran pola perilaku belanja pelanggan yang terdeteksi dari sejumlah studi yang dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belanja yang dilakukan oleh konsumen tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya, namun lebih mengarah pada terpenuhinya kebutuhan untuk berekreasi. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya supermarket ataupun mini market yang tumbuh ditengah-tengah masyarakat. Kondisi inilah yang mendorong terjadinya pergeseran cara pemasaran dan perdagangan dari sistem tradisional menuju sistem modern. Pengetahuan mengenai konsep pengelolaan retail modern sangat penting untuk dipahami, mengingat kegagalan dalam pengelolaan akan menimbulkan resiko kerugian yang cukup besar.

Pelatihan ini bertujuan agar pelaku UMKM dapat memahami konsep manajemen retail dan bagaimana merancang strategi untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis retail.
5.  Pelatihan perpajakan UMKM

70% penerimaan negara bersumber dari pembayaran pajak, sehingga tanpa pajak kegiatan negara sulit dilaksanakan. Karena itu, pajak merupakan ujung tombak pembangunan sebuah negara. Sehingga sudah sepantasnya sebagai warga negara yang baik untuk taat membayar pajak.  Dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak, pemerintah  melakukan beberapa upaya diantaranya; memberikan kemudahan membayar pajak, deregulasi termasuk  tax amnesti dan Wajib pajak diberikan kewenangan untuk menghitung, melaporkan, dan membayar sendiri pajaknya.

Pada kenyataannya banyak wajib pajak yang belum membayar pajak  bukan karena tidak mau, tetapi karena tidak mengerti  bagaimana seharusnya membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

6.  Pelatihan Keuangan sederhana  dan keuangan lanjutan buat UMKM

Pelatihan keuangan diperlukan untuk membuat Laporan Keuangan semuanya seperti Laporan Rugi Laba, Laporan Perubahan Equty, Laporan Posisi Keuangn, Laporan Arus Kas dan Catatan Laporan Keuangan. UMKM ini sangat berperan dalam kemajuan ekonomi di masa depan karena mampu menyokong kehidupan masyarakat umumnya. Peran UMKM di masa mendatang juga sebagai stabilisator dan pendorong pertumbuhan ekonomi yang diharapkan untuk peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan bangsa dan negara. Pengembangan UMKM berbasis digital ekonomi secara tidak langsung akan membantu perekonomian daerah dan pengembangan UMKM berbasis digital ekonomi juga berdampak positif terhadap perpajakan bagi Indonesia.

7.  Pelatihan Teknologi Informasi, meliputi: IT for Reail dan Digital Marketing

Di era teknologi yang kian berkembang, kini semua kebutuhan sudah bisa didapatkan melalui online, 80% customer bahkan lebih memilih mencari kebutuhan mereka lewat online ketimbang datang langsung ke tempat  bisnis. Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen.

Berapa tingkat pelatihan di RI?

Beberpa pelatihan yang didakan kami kategorikan pada 3 tingkatan
a. Pelatihan dasar dan pengenalan (basic)
b. Pelatihan Lanjutan  (Intermediate)
c. Pelatihan keahlian (advance)

Penjelasan :
Tingkat basic mendapatkan materi apa saja?

Tingkat basic, materi yang akan disampaikan adalah materi pengenalan dan pengetahuan secara umum.

Tingkat intermediate dapat materi apa saja?

Training intermediate, Materi yang disampaikan sudah masuk materi teknis dan aplikatif serta simulasi

tingkat advance dapat materi apa saja?

Training Adcvance, materi yang diberikan sudah mengarah pada keahlian yang dimiliki oleh peserta latihan.

Berapa lama pelatihan tingkat basic?

Lama waktu yang dibutuhkan untuk pelaihan tingkat basic adalah 8 jam pelajaran.

Berapa lama tingkat intermediate?

Lama waktu yang dibutuhkan untuk intermediate adalah 24 jam pelajaran

Berapa lama tingkat advance?

Lama pelatihan untuk advance idelanya adalah 40 jam.

Berapa biaya tingkat basic?

Biaya untuk pelatihan basic berkisar antara 150.000 sd 250.000 disesuaikan dengan jenis pelatihannnya.

Berapa biaya tingkat intermediate?
Biaya untuk pelatihan Intermediat berkisar antara 500.000 sd 1.500.000 tergantung jenis pelatihan.

Berapa biaya tingkat advance?
Biaya untuk tingkat advance berkisar antara 1.000.000 sd 2.000.000 tergantung jenis latihannya.

Apa target yang hendak dicapai dari pelatihan?

Target yang ingin dicapai adalah, peserta memahami dan mengenal serta bisa melakukan apa yang disampaikan serta berguna dan teraplikasikan nantinya untuk usaha masing masing,

Apa fasilitas yang didapat mengikuti pelatihan?
Fasilitas yang di dapat bervariasi, materi/modul pelatihan, makan/snack dan fasilitas yang disesukan dengan jenis latihiannya.

Dimana pelatihan diadakan?
Pelatihan didakan di Komplek perkantoran Ritelteam Indonesia dan toko Sky Mart Jalan Raya Tajem no. 3 Maguwo harjo.

Nara Sumber
Orang-orang yang memiliki kemampuan/kompetensi  pada bidang-bidang yang di trainingkan

1. Adri Syahrizal (CEO & Founder  Ritelteam Indonesia)
2. Syarif Hidayatullah (Chairman & Co-Founder Ritelteam Indonesia)
3. Surgana (CEO & Faunder Tas Kertas.net)
4. Pratiwi (Manajer Konsultansi Manajemen Retail)
5. Purnomo Priyo Nugroho (Manajer IT Retail)
6. Ismail Hermana (CEO & Founder Fast International Indonesia)
7. Johan Satori (Direktur Sato manajemen)

× Hubungi Kami: Powered by QuadLayers